BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 01 Desember 2009

TINJU


Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut "ronde". Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petarung (disebut petinju) menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.U


Hasil Tinju Internasional
Andre Ward WTD11 Mikkel Kessler

Petinju Denmark Mikkel Kessler harus mengakui keunggulan petinju tuan rumah, Andre Ward, dalam kejuaraan kelas menengah super WBA, dengan angka teknis (technical decision) ronde 11, 21/11, di Oracle Arena, Oakland, California. Pertandingan dihitung angka karena terjadi benturan kepala di ronde 12 yang mengakibatkan pendarahn pada pelipis Kessler. Kessler yang kehilangan gelarnya, bersumpah akan merebut gelar WBC kelas menengah super, yang kini dikuasai oleh petinju Inggris, Carl Froch. Semua partai ini termasuk dalam rangkaian kejuaraan super six series.

Rodel Mayol MTKO2 Edgar Sosa

Rodel Mayol menjadi petinju kesekian dari Filipina yang berhasil meraih gelar juara dunia. Kali ini Mayol "menghabisi" petinju tuan rumah, Edgar Sosa, yang merupkan juara bertahan kelas terbang yunior WBC, 21/11, di Palenque de la Feria, Tuxtla Gutierrez, Chiapas, Meksiko. Pertandingan ini sangat sarat kontroversi, karena di ronde 2 Mayol sengaja membneturkan kepalanya dan mengakibatkan tulang pipi Sosa retak. Mayor memang dikurangi dua angka atas kecurangannya tersebut, namun pertandingan malah dilanjutkan, mesi Sosa tampak berdarah-darah. Sosa yang lemah akibat peristiwa itu, terjatuh dua kali di ronde 2, dan Mayol dinyatakan menang TKO ronde 2. Kubu Sosa memprotes hasil ini, dan menyatakan Mayol seharusnya didiskualifikasi karena perbuatanya.

0 komentar: